TARGET ADALAH?

Apakah Target itu? 
Setelah saya mencoba searching : Target adalah bagian dari rencana yang sudah disusun secara terukur yang akan dicapai secara nyata dalam jangka waktu tertentu. Memang benar pengertian target seperti itu, namun jika dijalankan dalam aktivitas sehari-hari, kalimat tersebut akan sulit diterapkan. 

Karena manusia memiliki kebiasaan perilaku mencari kemudahan, maka perlu ditentukan angka-angka yang jelas, sehingga kita bisa memantau bahkan memberi sangsi jika tidak memenuhi angka tersebut. 

Nah, apakah angka yang dimaksud dalam bentuk Rupiah, seperti target penjualan 300 juta dalam sebulan. Bukan. Angka 300 juta bukanlah target, namun tujuan yang ingin dicapai.

Lalu target itu yang mana?
Target adalah proses menuju angka 300 juta tersebut. Sebagai contoh seorang sales memiliki target penjualan 300 juta dalam sebulan. Maka normalnya dia harus menjual 10 juta dalam sehari. Jadi apakah 10 juta sehari itulah target? Juga bukan. 

Untuk mencapai 10 juta sehari, seorang sales harus melakukan aktivitas penjualan seperti menawarkan product ke customer. Ya, inilah yang dimaksud target, menawarkan product ke customer. Jika hanya menawarkan saja, tanpa diberikan perhitungan yang jelas, maka akan terjadi penyelewengan terhadap waktu. 

Maka, diciptakanlah SOP (Standar Operational Procedur) bahwa seorang marketing wajib melakukan penawaran sebanyak 20 kali dalam sehari dengan menawarkan product tertentu yang telah disepakati oleh perusahaan. Ini baru yang namanya target. Jadi, sudahkah kamu menjalankan targetmu?

Comments

Popular Posts