MANA CALEGKU?


hari kamis, 9 april 2009. semua orang di negeri ini tahu, hari itu digelar pemilihan legislatif. bapak saya menjadi saksi di TPS. kakak saya melongo menyaksikan orang-orang ke lapang untuk nyontreng. saya dan ibuk, masih di toko ketika TPS dipenuhi para tetangga yang mengantongi duit dari para caleg.
keluarga saya sudah dibeli oleh PKNU. kepanjangannya apa... saya tidak tahu! jadi sudah dipastikan bapak dan ibuk nyontreng caleg dari partai itu. saya? punya pilihan sendiri. meski sebenarnya butuh duit juga, tapi saya amatlah sombong dan idealis untuk itu.
sesampainya di bilik suara, saya mendapatkan 4 lipatan kertas suara : DPRD Kota, DPRD Kabupaten, DPR, DPD. saya mencari-cari nama seorang tokoh yang saya percaya bisa memberikan kontribusi yang baik kepada kota Madiun. 'Kok namanya nggak ada?' batin saya. lamaaa, saya baca berulang-kali, tidak ketemu juga! Saya lupa, caleg yang saya maksud masuk dapil Taman, sementara saya adalah warga Manguharjo. Ya maaf.

Comments