kopi: pertama bertemu


bicara soal kopi, wah pasti akan kelelahan menelusurinya. saya musti flashback sekitar 15 tahun yang lalu. pertama kali saya mengenal kopi. saat masih SD. tidak seperti kebanyakan orang tua, ibu saya adalah spesial. pagi hari, selalu ada secangkir kopi sebagai teman sarapan (baca: nasi pecel, selalu! karena ibu saya malas memasak). awalnya saya nggak suka. aneh! hitam, pekat, dan sedikit pahit. tapi karena hadir setiap pagi, akhirnya saya suka. ada beberapa hal yang saya temukan dibalik ini semua, meskipun ibu saya tidak pernah bilang, saat saya bertanya 'kenapa musti kopi? bukan milo coklat, teh 'Gopek', atau air putih saja, yang diberikan ke saya?'

kopi bukan sembarang minuman. yang dengan mudah kita teguk setiap saat, ketika kita haus, ketika pulang kerja, lalu kelelahan. kopi bukan teman untuk bersenang-senang. karena disetiap tegukannya, pasti meninggalkan rasa yang tak terlupakan, termasuk rasa pahit!

Comments