COFFEE CUPING


Untuk menjadi pencinta kopi sejati, “wajib” hukumnya belajar tentang kopi itu sendiri. Menurut istilah sang penulis (karena tulisan ini saya sunting) kalau mau menjadi master harus berguru dulu ke guru yang tepat. Tapi ambil S1 aja dulu deh sebelum ambil Master hehehe…

"OK, kali ini saya akan sharing pengalaman “spiritual” saya yaitu kegiatan Coffee Cupping di salah satu tempat coffee shop di daerah kemang, Caswell’s", tambah sang penulis.

begini ceritanya...hahaha


Apa itu Coffee Cupping?

Coffee Cupping adalah suatu kegiatan mencoba cita rasa suatu produk kopi untuk mengetahui kualitas kopi tersebut dengan cara memberikan penilaian. Kegiatan penilaian ini dilakukan dangan cara Mencium (Sniffing), Menyeruput (Slurping), dan Meneguk (Swallowing) kopi tersebut. Jadi sebelum anda melakukan kegiatan ini pastikan anda tidak Flu, Sariawan atau Radang tenggorokan, OK….

Kegiatan Coffe Cupping ini biasanya dilakukan oleh para coffee expert dan juga pencinta kopi di seluruh dunia. Bagaimana di Indonesia? Sang penulis sendiri belum survey mengenai hal ini. Namun dia (penulis) yakin hal ini juga telah dilakukan di Indonesia.

Persiapan

Sebelum melakukan coffee cupping yang perlu disiapkan adalah Air panas, gelas, sendok dan beberapa produk kopi berupa serbuk kopi yang siap untuk diseduh. Selain itu siapkan juga Cupping Form dan Tester Flavor Wheel dan pulpen untuk melakukan penilaian. Cupping form ini dapat di download di Internet dengan meng-Google kata kunci ” Cupping Form+filetype:pdf “, atau dapat diambil di SCAA Cupping Form Form bisa saja berbeda-beda namun prinsipnya adalah sama dan standard untuk cupping ini.

Coffee cupping dibagi menjadi beberapa sesi. Sesi ini di mulai dari Fragrance, Aroma, Acidity, Flavor, Body sampai dengan Aftertaste (penjelasan ada di form). OK mari kita mulai step-by-step dengan mencoba 2 jenis produk kopi.

Comments