25 February 2009

SEPENGGAL DALAM RENUNGAN


pukul 07.22

lima rel berjajar melintang timur barat. nampak beberapa gerbong tergolek seperti tumpukan barang rongsokan. segelas coffemix yang kubeli 15 menit lalu, kini tinggal separo. mungkin karena aku terlalu serius memikirkan arti "8 165" yang tertulis pada balok putih seukuran batu nisan. tapi ini bukan sebuah pemakaman. dan sangat jauh dari tanah pekuburan. sebenarnya, justru akulah yang ingin memakamkan diri dalam kubangan cinta hingga tak lagi kurasakan getaran itu.

dua puluh delapan menit berlalu, aku memasuki sebuah tempat bernama BRAMBANAN. nama yang aneh kan? kupikir Prambanan. tapi mungkinkah petugas pencetak palang itu salah tulis? lepas dari semua itu, dari sini aku dapat melihat jelas sembulan puncak gunung. entah gunung apa itu. mungkin merapi.

"Yah...yah... gunung yah." seorang bocah lelaki usia 3 tahun menyeru pada ayahnya. ternyata bukan hanya aku yang melihatnya. anak itu juga mengaguminya.

udara semakin memanas. penjaja makanan mulai datang silih berganti. lima lembar uang seribuan yang menjadi penghuni terakhir dalam dompetku, sudah terganti dengan sebungkus nasi pecel dan coffemix. sarapan pagi di kereta.

"Tuutt..." kereta yang dinanti telah berlalu. Sri Tanjung siap melaju kembali. bukan hanya keluhan para penumpang yang kurasakan, tapi juga kereta ini.

'Kenapa aku dinomorduakan?' teriak Sri, yang kudengar lewat dinding besi berlapis triplek ini.

'Stop!' gertakku dalam hati. 'berhentilah mengeluh.' perlahan kami bergerak menuju timur, dan terus melaju meski sesekali kami berhenti dan sabar menunggu yang nomor satu.

19 February 2009

ARTI SEBUAH KEGAGALAN ...


setiap orang pernah gagal. tidak ada yang beruntung dengan melalui perjalanan lurus nan sempurna. seorang presiden hebat seperti soekarno pun pernah melakukan kesalahan. meski kita tak mampu mencapai kata 'paham' seberapa besar dan parahnya kesalahan tersebut. namun inilah arti sebuah kegagalan. ketika mengingatnya, pasti yang muncul adalah penyesalan dan penyesalan. seakan telah melakukan sebuah tindakan bodoh. ingin segera menghapusnya, dan tak ingin bayangan kegagalan tersebut muncul dalam imaji. tapi itu sulit. bahkan tak bisa dilakukan. membersihkan memori yang sangat berkesan, seperti memutihkan kembali kubangan susu putih yang ternodai tinta hitam. sedikit kisah yang tak pernah saya lupakan hingga kapan pun.

saya bekerja di sebuah radio station sebagai pembawa acara dan marketing lepas. saya sebut 'marketing lepas' karena saya tidak terikat dengan target iklan, sementara fee yang saya dapatkan adalah honor berupa prosentase dari penghasilan iklan. sejauh ini saya menikmati 2 profesi tersebut. sebagai marketer, saya mempunyai tanggungjawab kepercayaan dari klien (baca : pemasang iklan). awalnya tak ada masalah dengan hal tersebut. akhir-akhir ini muncul persoalan. divisi produksi belum mampu maksimal dalam hal efektifitas dan kreatifitas dalam 'merampungkan' iklan. berangsur kepercayaan klien memudar. saya sedikit psimis menghadapi masalah ini. beberapa konsultasi sudah saya upayakan. namun nihil. saya harus melakukan sesuatu, tidak boleh hanya menunggu keberuntungan. karena keberuntungan hanya akan mendatangi orang yang mau berusaha.
usaha yang saya lakukan adalah membantu meringankan beban divisi produksi, dengan cara belajar sedikit demi sedikit program adobe audition 1.5. dengan menguasai program tersebut, saya mampu menyelesaikan iklan yang tertunda tersebut. saya sudah belajar. lalu saya mencobanya. SAYA MEMBUAT IKLAN! oh GOD! saya tidak percaya, tapi saya mampu melakukannya. saya senang, tapi tidak puas. karena hasilnya adalah jauh dibawah standar.
disinilah saya menemukan arti gagal. sebuah ilmu yang tak saya dapatkan selama 15 tahun belajar akademik sejak SD hingga diploma. belajar bagaimana kita mengambil keputusan dalam menyelesaikan masalah. gagal membuat saya menjadi 'sedikit' lebih pintar.

17 February 2009

MENANGKAP FAJAR



pukul 04.27 WIB. masih sangat pagi bagiku untuk beranjak bangun dari kasur reot ini. benar-benar nikmat pagi ini, meski tak ada secangkir kopi atau sarapan, di meja sudut itu. rasa lapar yang terdampar dalam hamparan mimpi, tak kurasakan lagi. meski yang ada hanya bunyi-bunyi tak jelas 'kriuk'. tapi pagi sudah datang. aku boleh makan apa saja yang kumau. mestinya hari ini aku bisa santai sejenak dan bangun agak siang. tapi, tidak bisa begitu... siapa yang akan menyiapkan sarapan pagi Beny?

aku bergegas bangun, hilang sudah mimpi-mimpi yang tersusun indah. benar, ternyata masih pagi sekali. ini bukan hari pertamaku bangun sepagi ini. sudah dua bulan aku menjalaninya. namun yang kurasakan adalah ini pertama kalinya aku menjadi orang yang bangun sepagi ini.

"woaaa..." beberapa kali aku menguap, lengkap dengan mata setengah melek. kuyakinkan dalam hati, "aku siap menjalani hari ini".

apa yang harus kulakukan?, tanyaku dalam hati, yang pada akhirnya kutemukan sendiri jawabannya dengan memulai di dapur. ada beberapa botol beer dan kulit kacang. iiihhh... anak orang kaya kok menu's party-nya kacang sih? "orang aneh" umpatku sambil membereskan sisa-sisa makanan.

apakah aku sangat pantas diperlakukan seperti pembantu? lantas mengapa aku mau menjadi pembantu di rumah ini? apakah benar, bahwa aku telah berkorban demi cinta?

awal januari 2009

menikah. bukan ide yang baik untuk dilakukan, apalagi dalam waktu dekat ini. selain tak ada satu orang pun yang bisa kunikahi, saat ini aku sedang fokus merawat mama. penyakitnya semakin parah. dan yang paling parah... aku di PHK per 1 januari. astaganaga. apakah Tuhan sedang mengujiku?

sempurna sudah hidupku saat ini. andai saja papa tahu bagaimana susahnya hidup kami, apakah dia akan kembali? mengembalikan arti sebuah keluarga dalam hidupku yang sekali ini.

"lyn, tolong jangan bilang apapun pada papa tentang ini." minta mamaku, sepulang dari rumah sakit. namun dua hari kemudian, aku harus kembali lagi kesana.

"pah, kita butuh uang untuk pengobatan mama. pinjam juga nggak pa-pa. bulan depan kalo lyn udah gajian..." ups, aku kan pengangguran. gaji dari hongkong??

"apa menurutmu papa seperti itu? ambil uang ini, jangan bilang mama, kalau uang ini dari papa."

15 januari 2009

seperti sudah direncanakan, dan aku sangat mengerti kapan datangnya malaikat itu. ketika aku sedang terlelap, saat malam menyekap semua pandang. dia datang menjemput mamaku. terapi sepuluh hari, tak mampu menyelamatkan nyawa orang yang paling berharga saat ini. apa lagi yang harus kuperbuat?

... to be continue... (mau nonton film dulu)

11 February 2009

RESEP : PEPES PINDANG


BAHAN :
2 BUAH PINDANG UKURAN SEDANG, BERSIHKAN DAGINGNYA DARI TULANG DAN SISIK
1 LEMBAR DAUN PISANG UNTUK PEMBUNGKUS

BUMBU :
15 BUAH CABAI RAWIT
2 SIUNG BAWANG PUTIH
2 BUAH KEMIRI
1 BUAH TOMAT SEDANG
KEMANGI UNTUK AROMA WANGI

CARA MEMBUAT :
• HALUSKAN BUMBU
• SIAPKAN DAUN PISANG, SUSUN DIATASNYA SECARA BERGANTIAN : BUMBU DAN PINDANG
• BUNGKUS DAN KUKUS SELAMA 45 MENIT
• SIAP DIHIDANGKAN
• UNTUK 2 PORSI

10 February 2009

REVIEW : TRUST THE MAN


Trust The Man adalah film dengan kisah cinta yang sangat umum. Pasangan suami istri Tom (David Duchovny) dan Rebecca (Julianne Moore), yang tergolong cukup bahagia dengan dikarunia 2 orang anak yang lucu dan pandai. Rebecca adalah seorang aktris (pemain teater) sedangkan Tom hanya tinggal di rumah mengurus anak-anak. Seperti kisah para selebriti, namun disini bukan Rebecca yang mengalami kejenuhan dalam kehidupan rumah tangga, tapi Tom. Tom memiliki hasrat seksual yang cukup tinggi, sementara Rebecca dengan kesibukannya yang luar biasa tak mampu memenuhi keinginan suami.

Dari sinilah muncul konflik perselingkuhan Tom. Rebecca mengetahui perubahan Tom yang menjadi dingin, dan dia menyesali telah mengacuhkan Tom selama ini.

Tidak hanya menampilkan kisah Tom dan Rebecca, ada sebuah kisah pra-nikah yang coba dihadirkan dalam film ini. Cukup menarik, dengan menampilkan Billy Crudup (Tobey) dan Maggie Gyllenhaal (Elaine). Tobey dan Elaine adalah sepasang kekasih yang pacaran selama 7 tahun. Tobey yang tidak lain adalah sahabat Tom sekaligus adik kandung Rebecca, pacaran dengan Elaine (sahabat Rebecca). Jangan bingung. Kisah percintaan 4 orang ini memang unik namun sangat intim karena keempatnya adalah saling mengenal dan seperti sebuah keluarga besar.

Kembali pada masalah Tobey dan Elaine. Tobey adalah seorang lelaki perkotaan yang tidak ingin menikah sebelum usia 40 tahun. Tobey sangat menikmati kehidupan yang bebas tanpa harus terikat dengan sebuah pernikahan. Namun, Tobey bukan seorang yang playboy, dia hanya seorang lelaki yang tidak ingin ribet, fun, dan menyebalkan (sering...). Sementara Elaine, sangat mendambakan sebuah pernikahan dan kelak punya beberapa anak. Sangat bertolak belakang dengan Tobey.

Suatu ketika Elaine merasa jenuh dengan ke-tidakserius-an Tobey dalam menanggapi pernikahan. Mereka berpisah dalam beberapa minggu. Rebecca sangat mendukung Elaine untuk mendapatkan lelaki lain sebagai pengganti adiknya yang brengsek (begitu kata Rebecca menamai adiknya). Beberapa teman lelaki Rebecca, dikenalkan pada Elaine, namun Elaine tidak mampu melupakan Tobey. Tobey pun demikian. Meski dia juga sudah berkencan dengan wanita lain, namun hatinya hanya untuk Elaine.

Akhirnya baik Tom maupun Tobey, melakukan sebuah perubahan besar dengan mencoba mendengar apa yang 'wanita mereka' inginkan.

09 February 2009

LOVES DAY HAS COME

sekarang 10 februari 2009. sabtu depan 14 februari, semua orang tahu itu. hari kasih sayang bagi yang mempunyai banyak kasih dan ingin disayangi. kenapa aku tidak merasakan spesial di hari itu? tak ada yang spesial pada hari tersebut. aku selalu menghabiskan sabtu malam dengan melahap habis film-film komedi romantis, dan beberapa thriller. ternyata film thriller, tak se-ngeri yang aku bayangkan. asyik!. seperti 'Secret Window' yang aku tonton sabtu kemarin. lebih kreatif daripada komedia romantis yang mampu bikin sabtu malamku lebih seru.

07 February 2009

BLACKFOREST


sudah lama aku pengen bisa bikin BLACKFOREST.

RESEP : PEPES TAHU



BAHAN :

3 potong tahu putih, haluskan

1 butir telur

daun pisang untuk pembungkus

BUMBU :

15 buah cabai rawit

2 buah bawang putih

garam dan penyedap rasa secukupnya

CARA MEMBUAT :

1. haluskan bumbu

2. campurkan kedalam adonan tahu dan telur

3. aduk rata

4. bungkus dengan daun pisang

5. kukus hingga matang kira-kira 15 menit

6. siap dihidangkan

nyam...nyam...

06 February 2009

F*CK THEM!!!


Rabu malam pukul 19.00 WIB.
aku merasa kesal (sangat!) terlebih ketika aku mendapatkan jam siaran tambahan. anj*ng. sekian menit aku mengumpat (dalam hati) orang-orang yang membuatku marah.
F*CK... F*CK... F*CK... F*CK...!!!
begitu umpatku.
yang aku rasakan adalah semakin kesal. sesaat aku diam, dan aku coba rasakan dalam-dalam kekesalan itu. i'm forgot GOD. seketika aku mengingatnya, aku merasa bersalah telah berkata kasar meski hanya dalam hati. satu hal yang mampu mengobati kekesalanku pada malam itu, adalah IKHLAS. aku terima apa yang sudah terjadi. tanpa menunggu lama, kesal itu langsung hilang.
rasa marah setinggi gunung itu, mampu terhapus hanya dengan sebuah ikhlas yang tak realita, tapi ada.

THANKS GOD. YOU'RE THE BEST in MY life.