28 August 2008

sebuah kata hati : T E M A N


akhirnya saya bertemu dengan seorang teman yang sebelumnya saya hanya tahu rupanya lewat foto-foto yang dia pajang di album dalam profile FS.
awalnya saya membayangkan, dia adalah orang yang menyenangkan, sehingga saya sangat bersemangat untuk menunggunya sampai jam 1 pagi, untuk bisa gadang san ngopi bareng.
itu hanya sebuah harapan, bahwa dia orang yang menyenangkan, untuk sekedar ngobrol soal film dan tulisan-tulisannya yang oke banget. dan karena itu pula saya sangat ingin tahu lebih banyak tentangnya. saya kagum dan ingin, ingin, ingin tahu lagi ada orang yang begitu pandai.
kekaguman saya menyadarkan tentang sebuah pepatah, "tak ada gading yang tak retak". anda tahu artinya kan? tidak semua orang pandai itu menyenangkan dan hangat. dan, tidak pasti bahwa seorang yang hangat dan menyenangkan itu pandai. anda pilih yang mana? kalau saya, berteman dengan orang bodoh pun tak masalah, asalkan dia tahu bagaimana dan apa arti sesungguhnya T E M A N.

24 August 2008

sebuah kata hati : harimau dan kelinci

suatu sore, saya bertemu dengan seorang teman yang punya kemampuan lebih, meski hidupnya pas-pasan (begitu saya menyimpulkan, ketika dia bercerita tentang pekerjaannya yang tidak tetap, tempat tinggal yang masih "numpang" kost temannya). tapi itu hanya sekedar cerita. dia tidak menuntut saya untuk mempercayai kata-katanya. dan saya juga tidak begitu yakin dengan cerita tentang dirinya. dia minta saya mengulurkan telapak tangan kiri, melihatnya sesaat, dan mulai-lah dia bercerita panjang lebar about me!
"Ya, siap" jawab saya ketika dia menanyakan, apakah saya siap mendengarkan sebuah rahasia jati diri.
"................................." saya tidak bisa menirukan kata-katanya. selain karena saya adalah pelupa, tapi memang sangat rumit untuk mengikuti kata-katanya, kalimatnya, dan istilah 'aneh' yang saya tidak mengerti. jadi, dia memang harus mengulang sampai dua kali, hingga pada akhirnya saya paham.
dikatakannya, saya adalah harimau yang terlihat seperti kelinci. seketika jantung saya berdebar. anjrittt!!! maksudnya???

D E W I

Hari ini aku sempatkan waktu buat dewi (satu-satunya temanku yang bisa dipercaya saat ini).
Dia mengira, aku menghilang selama ini. Pergi bersenang-senang dengan pacarku. Padahal bukan itu. Kita adalah manusia, butuh uang, butuh makan, butuh bayar tagihan, dan lain-lain. Selama ini, aku pusing mikirin uang, uang, uang, dan uang. Meskipun aku tahu, bukan uang yang kita cari. Kebersamaan adalah segalanya. Tapi, maaf teman... Aku tahu kondisimu, dan aku paham harus bagaimana? Aku ingin bisa memberimu sesuatu, entah nraktir makan atau ngopi bareng. Atau belikan kamu t-shirt, karena aku tahu, sejak kamu berhenti kerja, bajumu tidak lagi berwarna-warni seperti dulu. Kamu tidak lagi ceria seperti dulu. Dan aku ingin, suatu ketika aku bisa belikan kamu sebuah baju warna 'kuning, hijau, merah, oranye...'

10 August 2008

Kejadian Di Video Ezy, Malam Itu

Selasa, 29 Juli 2008.

Bersama Yani, Fitri, dan Indah, malam itu, saya melaju ke alun-alun, sekedar untuk ngopi dan 'cuci mata'. Ternyata semakin banyak saja... pengemis, pengamen, pedagang kaki lima, dan penjual CD bajakan!

Sudah hampir jam setengah sembilan malam, kita berempat memutuskan untuk sewa CD di Ahmad Yani, Video Ezy. Tiba disana, ada pemandangan yang sedikit aneh.

"Itu lelaki...atau perempuan yah?" Indah menepuk pundak saya.

Damn! Ini kali pertama saya melihat lelaki pakai jilbab. Kalau biasanya teman-teman sering bikin tebakan "Kenapa seorang ibu melarang anaknya memakai jilbab? Padahal anaknya adalah seorang yang alim, sudah dewasa, taat beribadah." Sontak kami menjawab "Yaaahhh...anaknya lelaki, ya jelas aja nggak boleh pakai jilbab!" Hahahaha

Itu lelucon saya dengan teman-teman beberapa waktu lalu. Namun, kali ini yang saya lihat adalah nyata.

Lelaki yang sedang memilih-milih film di rak itu memakai jilbab warna hitam, dengan tas ransel dipundak.

"Nggak usah takut mbak, dia itu stres gara-gara diputus oleh pacarnya. Dia nggak akan macam-macam kok, mas itu pelanggan sini dulu. Ehh, tahu nggak... dia itu sarjana lho... sayang yaa..." celetuk salah satu karyawan kepada kami, sambil menata film-film di rak.

02 August 2008

malam minggu tanpa pacar

wah seruuu!!! malam ini, aku malam mingguan tanpa pacar. menyenangkan. rasanya seperti :

1. ngopi di pagi hari

2. dengerin lagu-lagu foo fighter

3. nonton film 'mengejar matahari'

4. renang dengan swim suit biru kembang-kembang yang baru saja aku beli seharga 10ribu!!

5. dapet tiket gratis nonton konsernya saint locco

6. membaca sepuasnya novel laskar pelangi, tanpa harus membeli (maksudnya...ada yang minjemin ;p)

7. ngebut di jalanan tanpa kena tilang

8. makan brownies tanpa bayar & nggak susah2 bikin

9. tidur seharian

10. travelling ke karimun jawa

semoga pacarku tidak membaca tulisan ini. aku pengin ini terulang lagi, menyenangkan!!! aku bisa bebas pergi2, nggak ada yang nanya2 mau kemana? mau ngapain? sama siapa? dimana? ETC. padahal selama ini, aku tidak pernah macam2, seperti yang ada dalam kepalanya. aku senang bebas.